kawan, apakah Anda pelanggan Amazon.com? Atau baru sebatas melakukan pencarian produk saja di Amazon.com atau bahkan belum pernah mendengar mengenai Amazon.com? Baiklah, berikut ini saya menuliskan artikel sedikit mengenai Amazon.com dan strategi bisnis untuk menarik dan mempertahankan pelanggan lama. By the way, artikel ini juga saya tuliskan berdasarkan inspirasi dari mata kuliah KTI di kampus saya yang diajarkan oleh Sensei Drs. Achmad Basuki, M.Kom, Ph.D. For more information please visit the expert, tanyakan pada ahlinya ya, saya hanya merangkum dari berbagai sumber yang masih mungkin saya ada kesalahan pemahaman, lets take and share. Semoga bermanfaat :)
Perkenalan
Amazon.com
Amazon.com,
Inc adalah sebuah perusahaan internasional perdagangan elektronik Amerika
dengan kantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Pada mulanya
Amazon adalah toko buku online yang kemudian saat ini berkembang menjadi toko
online terbesar di dunai yang menjual berbagai macam produk seperti DVD, VHSs,
CD, video dan MP3 download streaming, software, video games, elektronik ,
pakaian, furniture, makanan, mainan, dan perhiasan. Amazon juga memproduksi
barang elektronik seperti Kindle e-book reader dan tablet Kindle Fire komputer
dan merupakan penyedia utama layanan komputasi awan.
Apakah
Business Intelligence itu?
Business
intelligence (BI) adalah seperangkat teori, metodologi, arsitektur, dan
teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan berguna
untuk tujuan bisnis. BI dapat menangani sejumlah besar data tidak terstruktur
untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan dan sebaliknya menciptakan
peluang baru. BI, dalam kata-kata sederhana, menjadikan interpretasi data dalam
jumlah besar dengan mudah. Memanfaatkan peluang baru dan menerapkan strategi
yang efektif dapat memberikan keunggulan pasar yang kompetitif dan stabilitas
jangka panjang.
Strategi
Amazon.com dalam menarik pelanggan baru
Pada mulanya, Amazon.com adalah penyedia layanan toko buku
online dimana pelanggannya saat itu hanya terbatas pada orang-orang yang suka
membaca buku. Seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan pelanggan,
Amazon.com saat ini menyediakan berbagai produk seperti barang-barang elektronik,
pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, aplikasi Android, DVD, download
musik, peralatan olahraga, dan banyak lainnya. Hal ini menjadikan Amazon.com
memperluas peluang pasar dari pembaca buku menjadi seluruh pengguna internet
yang memerlukan produk yang disediakan oleh Amazon.com.
Amazon.com saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile
mengingat jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android
bertambah sehingga hal ini merupakan peluang besar bagi Amazon.com untuk
memperluas pasar pelanggannya ke para pelaku belanja online yang menggunakan
smartphone. Bagi pelanggan tentu saja hal ini merupakan kemudahan layanan yang
ditawarkan oleh Amazon.com dimana pelanggan dapat mencari produk, membeli
produk, dan melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone.
Satu hal lagi yang dikembangkan oleh Amazon.com adalah
kemudahan dalam transaksi pembayaran mengingat banyaknya pelanggan yang tidak
mempunyai credit card. Data mengenai hal ini tentu saja didapatkan dari hasil
penelitian tim Amazon.com dimana kemudahan pembayaran juga mempengaruhi keputusan
pelanggan untuk membeli produk melalui Amazon.com. Saat ini pelanggan dapat
lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan Gift Cards, Coins, dan Coupon
(detail dapat dilihat di website Amazon.com).
Sumber
:
Strategi
Amazon.com dalam mempertahankan pelanggan lama
Amazon.com memanfaatkan teknologi business intelligence dalam
usaha untuk mempertahankan pelanggan lama. Konsep inti dari business
intelligence secara teori adalah mengumpulkan sejumlah besar data, menyimpan
data, menganalisis data, kemudian menghasilkan sebuah informasi penting yang
dapat digunakan sebagai sebuah pengetahuan. Hal yang membuat Amazon.com mampu
mempertahankan pelanggan lamanya adalah Amazon.com sangat memperhatikan detail.
Teknologi business business intelligence digunakan oleh Amazon.com untuk mengumpulkan
data pelanggan seperti data pencarian (customer browsing history) dan pembelian
terakhir pelanggan (customer last purchasing). Data pencarian pelanggan dan
pembelian pelanggan selanjutnya diolah untuk menghasilkan sebuah pengetahuan
baru mengenai pelanggan tersebut. Hasil yang didapatkan adalah Amazon.com akan
merekomendasikan barang-barang yang mungkin akan dibeli oleh pelanggan
berdasarkan sejarah pencarian dan pembelian pelanggan.
Manfaat yang didapat dari sudut pandang pelanggan adalah
pelanggan akan merasakan sensasi berbelanja online yang lebih personal karena
memahami apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Tidak hanya
memberikan rekomendasi, bahkan teknologi yang digunakan Amazon.com juga
memungkinkan untuk memberikan rekomendasi barang kesukaan pelanggan yang sedang
didiskon. Hal ini tentu saja membuka peluang lebih besar bagi pelanggan untuk
membeli produk yang direkomendasikan oleh Amazo.com. Alhasil, Amazon.com
sebagai penyedia layanan berbelanja online dan pelanggan sama-sama mendapatkan
manfaat dari teknologi business intelligence.
Sumber
:
Baiklah, itu tadi hasil rangkuman saya mengenai Business Intelligence pada Amazon.com. Semoga bermanfaat. Apabila masih banyak hal yang kurang mohon dimaafkan dan mohon dikoreksi. Terima kasih. Danke y'all !
Wednesday, Feb 19th 2014
Sudaryono194.blogspot.com
ReplyDeleteBermanfaat